Wednesday 21 December 2022

Cara menaikkan trafik blog dan website untuk pemula

Ketika membuat blog atau website untuk kebutuhan usaha, maupun sekedar hobi tentu saja yang kita inginkan blog atau website yang kita kelola memiliki trafik yang tinggi.


Trafik yang tinggi dari blog tidak datang begitu saja. Perlu usaha untuk meningkatkannya agar terindeks terdepan di halaman google.

Lalu, bagaimana caranya agar website yang kita kelola bisa terindeks dengan baik sehingga mendapatkan trafik yang bagus ? kita bisa melakukannya secara gratis ataupun berbayar. Tetapi kali ini kita akan bahas cara mudah dan gratis untuk menaikkan trafik blog dan website.

1. Alamat website pendek, mudah dieja dan mudah di ingat

Ini adalah hal pertama yang saya rekomendasikan. Nama website usahakan pendek, mudah di eja dan mudah di ingat. Hal ini tentu akan mempengaruhi daya tarik dari pembaca untuk masuk ke halaman website. 

Contoh Youtube.com, Facebook.com, Google.com mereka menerapkan 1 kata untuk halaman websitenya. Tentu hal ini lebih enak di ketikkan dan di ingat di bandingkan alamat website contohalamatwebsitepanjang.com yang memiliki lebih dari satu suku kata.

Pada tahap awal saya membuat blog, dulu sering membaca rekomendasi untuk membuat nama yang mendekati dengan artikel yang akan di buat. contoh blog tentang motor di usahakan menggunakan embel-embel seperti motor.com atau yang lain-lain. 

Tetapi bagi saya sendiri nama-nama tersebut tidak menjadi keharusan, karna bisa kita ambil contoh dari nama Google.com sendiri tidak mengandung kata kunci "Mesin pencari" tetapi karna memang sudah terkenal, akhirnya nama google sendiri yang menciptakan image "mesin pencari".

Jadi dari sini ingin saya simpulkan usahakan brand tersebut yang membuat image, jangan terpaku dengan nama yang harus sama dengan artikel atau jenis blog yang akan kita buat.

2. Update artikel secara konsisten

Point kedua ini adalah kendala terbesar berdasarkan pengalaman saya. Untuk menulis artikel adalah hal yang mudah, tetapi untuk konsisten menjadi hal yang berat. 

Tetapi hal ini perlu kita maksimalkan. Tujuannya adalah untuk memperbanyak artikel yang ada di halaman blog dan bisa mencari reader atau pembaca dengan jumlah yang banyak.

3. Daftarkan blog dan artikel ke Search engine

Setelah artikel di buat, silahkan daftarkan alamat ke search engine seperti Google, Yahoo, Bing, Yandex dll. dan jangan lupa submit di Google console untuk setiap artikel yang sudah kita buat.

Untuk daftarkan artikel di google console, silahkan masuk link berikut ini https://search.google.com/. dan submit satu per satu artikel yang sudah di buat.

Itulah beberapa tips dasar agar website atau blog yang kita buat bisa memiliki trafik yang baik.

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

No comments